SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Oleh: Suharto
Mata Kuliah |
: |
Statistika |
Kode mata Kuliah |
: |
MGT 234 |
SKS |
: |
3 SKS (3 – 0) |
Waktu Pertemuan |
: |
3 X 50 menit |
Pertemuam ke |
: |
I dan II |
A. |
Tujun Instruksional : |
1. |
Umum : |
|
Setelah pertemuan ini
mahasiswa diharapkan dapat memahami dengan benar konsep dasar statistika
sebagai alat bantu untuk menunjang ilmu pengetahuan ekonomi terapan. |
2 |
Khusus : |
|
Setelah pertemuan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dengan benar konsep darar statistika sebagai alat bantu |
B |
Pokok Bahasan : |
1 |
Statistika sebagai alat bantu |
C |
Sub Pokok Bahasan |
Pengertian, statistika
sebagai alat bantu, statistika sampel, statistika populasi, statistika
deskriptif dan statistika inferensial. |
D |
Kegiatan belajar mengajar : |
Tahap Kegiatan |
Kegiatan dosen |
Kegiatan mahasiswa |
Alat pengajaran |
Pendahuluan |
1 |
Pengenalan mata kuliah |
Memperhatikan dan mananggapi fungsi silabus dan materi yang akan disampai- kan |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
2 |
Pengenalan tim pengajar |
3 |
Menjelaskan silabus yang akan disampaikan selama satu semester |
4 |
Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan pertama |
5 |
Menjelaskan TIU dan TIK |
|
|
|
Penyajian |
6 |
Menjelaskan arti statistika |
Memperhatikan dan menanggapi bagaimana hubungan antara staistika dengan ilmu ekonomi |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
7 |
Menjelaskan peranan statistika dalam menunjang ilmu pengetahuan ekonomi terapan |
8 |
Memberikan contoh terapan penggunaan statistika |
|
|
|
Penutup |
9 |
Menutup kuliah/pertemuan |
Bertanya |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
A |
Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan |
B |
Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada |
C |
Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang |
|
|
|
|
|
|
|
E |
Evaluasi: |
Menugaskan mahasiswa
membuat contoh kasus statistika deskriptif dan statistika induktif, atas
materi yang telah disampaikan berdasarkan kejadian sehari-hari |
F |
Referensi: |
A |
Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 19 – 25 |
B |
J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 1 – 10 |
|
C |
Ronal E Walpole, 1992, Pengantar Statistika, Edisi ke 3, Penerbit PT Gramedia pusaka Utama, Jakarta, halaman 2 – 6 |
|
D |
Murray R Spiegel, 1988, Statistika, Edisi ke 2, Penerbit Erlangga, Jakarta, halaman, 1 – 7 |
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata kuliah |
: |
Statistika |
Kode mata kuliah |
: |
MGT 234 |
SKS |
: |
3 SKS (3-0) |
Watu pertemuan |
: |
3 X50 menit |
Pertemuan ke |
: |
III |
A. |
Tujun Instruksional : |
1. |
Umum : |
|
Setelah pertemuan ini mahasiswa di harapkan dapat membedakan bagaimana data yang baik dan cara-cara membagi data. |
2 |
Khusus : |
|
Setelah pertemuan ini
diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dengan benar
cara-cara membagi data yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah,
menyajikan dan membagi data dengan benar. |
B |
Pokok Bahasan : |
1 |
Statistika deskriptif dan metode-metode yang di perlukan untuk memperoleh data yang baik dan membagi data. |
C |
Sub Pokok Bahasan |
Pengertian, statistika
sebagai metode untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisa
data kuantitatif, kualitatif, statistik sampel, populasi, statistika
deskriptif dan inferensial. |
D |
Kegiatan belajar mengajar : |
Tahap Kegiatan |
Kegiatan dosen |
Kegiatan mahasiswa |
Alat pengajaran |
Pendahuluan |
1 |
Penjelasan tentang pertemuan yang lalu |
Memperhatikan |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
2 |
Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan |
3 |
Menjelaskan TIU dan TIK |
Penyajian |
4 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang data yang baik dan pembagian data. |
Memperhatikan dan mencatat, menangga- pi bagaimana cara mengumpulkan data, mengolah, menyaji- kan dan mengana- lisis data. |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis.
5. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara mengumpulkan data dan pengolahan data.
6. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menyajikan, dan menganalisis data.
7. Menyakan mahasiswa contoh-contoh pengumpulan,cara menyajikan dan menganalisis data. Penutup
8. Menutup
kuliah/pertemuanBertanyaPengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan
tulis.AMemberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang
telah di sampai- kan.BMenjawab pertanyaan mahasiswa jika ada.
C. Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang.
E |
Evaluasi: |
Menugaskan mahasiswa untuk
membuat kasus tentang cara mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan
menganalisis data atas materi yang telah disampaikan berdasarkan
kejadian sehari-hari. |
F |
Referensi: |
A |
Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 21 – 35 |
B |
J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 14 – 17 |
|
C |
Drs. Andi Supangat, 2007, Statistika,
Dalam Kajian Deskriftif, Inferensi dan Nonparametrik, Penerbit, Prenada
Kencana Media Group, Jakarta, halaman 3 – 4 |
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah |
: |
Statistika |
Kode mata Kuliah |
: |
MGT 234 |
SKS |
: |
3 SKS (3 – 0) |
Waktu Pertemuan |
: |
3 X 50 menit |
Pertemuam ke |
: |
IV dan V |
A. |
Tujun Instruksional : |
1. |
Umum : |
|
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami mengenai pentingnya matematika dalam statistika |
2 |
Khusus : |
|
Setelah pertemuan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan dengan benar mengenai bermacam fungsi dan penggambarannya. |
B |
Pokok Bahasan : |
1 |
Macam fungsi dan cara-cara penggambarannya |
C |
Sub Pokok Bahasan |
Pengertian, distribusi frekuensi, distribusi frekuensi relatif dan kumulatif, grafik histogram dan poligon. |
D |
Kegiatan belajar mengajar : |
Tahap Kegiatan |
Kegiatan dosen |
Kegiatan mahasiswa |
Alat pengajaran |
Pendahuluan |
1 |
Penjelasan tentang pertemuan yang lalu |
Memperhatikan |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
2 |
Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan |
3 |
Menjelaskan TIU dan TIK |
|
Penyajian |
4 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang beberapa macam fungsi dan cara penggambarannya |
Memperhatikan, me- nanggapi tentang bagaimana menyajikan data dengan meggunakan distribusi frekuensi dan mernggunakan grafik |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
5 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menbuat distribusi frekuensi |
6 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang
cara menyajikan, dan menganalisis data dengan membuat distribusi
frekuensi relatif, kumulatif dan dengan grafik |
|
|
|
Penutup |
7 |
Menutup kuliah/pertemuan |
Bertanya |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
a |
Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan |
b |
Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada |
c |
Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yanag akan datang. |
|
|
|
|
|
|
|
E |
Evaluasi: |
Menugaskan mahasiswa membuat kasus tentang cara membuat fungsi dan gambar berdasarkan distribusi frekuensi yang sudah di buat. |
F |
Referensi: |
A |
Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 29 – 45 |
B |
J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 59 – 64 |
|
C |
Drs. Asyari Anwar, Pengantar Statistik Bagian Pertama, 1981, BPFE UII, Yogyakarta, halaman 13 – 28 |
|
D |
Drs. Ridwan, MBA, 2005, Dasar-dasar Statistika, Alfabeta, Bandung, halaman 66 – 79 |
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah |
: |
Statistika |
Kode mata Kuliah |
: |
MGT 234 |
SKS |
: |
3 SKS (3 – 0) |
Waktu Pertemuan |
: |
3 X 50 menit |
Pertemuam ke |
: |
VI |
A. |
Tujun Instruksional : |
1. |
Umum : |
|
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami mengenai ukuran variasi dan lokasi |
2 |
Khusus : |
|
Setelah pertemuan ini
mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam
rata-rata, rata-rata hitung, median, modus rata-rata ukur dan koefisien
variasi. |
B |
Pokok Bahasan : |
1 |
Rata-rata simpangan, median, modus, rata-rata ukur dan harmonis, ukuran variasi dan dispersi |
C |
Sub Pokok Bahasan |
Pengertian, rata-rata, kuartil, desil dan persentil, rata-rata simpangan, simpangan baku dan koefisien variasi |
D |
Kegiatan belajar mengajar : |
Tahap Kegiatan |
Kegiatan dosen |
Kegiatan mahasiswa |
Alat pengajaran |
Pendahuluan |
1 |
Penjelasan tentang pertemuan yang lalu |
Memperhatikan |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
2 |
Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan |
3 |
Menjelaskan TIU dan TIK |
|
Penyajian |
4 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang beberapa macam rata-rata dan cara menghitungnya |
Memperhatikan dan menanggapi tentang berbagai macam ukuran rata-rata |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
5 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menbedakan antara berbagai macam rata-rata |
6 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang menyajikan, dan menganalisa data dengan membuat berbagai macam ukuran rata-rata |
|
Penutup |
7 |
Menutup kuliah/pertemuan |
Bertanya |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
A |
Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan |
B |
Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada |
C |
Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang |
|
|
|
|
|
|
|
E |
Evaluasi: |
Menugaskan mahasiswa
membuat kasus tentang cara mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan
dan menganalisa data serta membuat berbagai macam ukuran rata-rata |
F |
Referensi: |
A |
Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 39 – 45 |
B |
J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 31 – 43 |
|
C |
Drs. Asyari Anwar, Pengantar Statistik Bagian Pertama, 1981, BPFE UII, Yogyakarta, halaman 30 – 44 |
|
D |
Drs. Andi Supangat, M.Si., 2007,
Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi dan Non parametrik,
Penerbit Kencana Prenada Madia Group, halaman 45 – 85 |
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Mata Kuliah |
: |
Statistika |
Kode mata Kuliah |
: |
MGT 234 |
SKS |
: |
3 SKS (3 – 0) |
Waktu Pertemuan |
: |
3 X 50 menit |
Pertemuam ke |
: |
VII dan VIII |
A. |
Tujun Instruksional : |
1. |
Umum : |
|
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami mengenai ukuran dan variasi |
2 |
Khusus : |
|
Setelah pertemuan ini
mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam
rata-rata simpangan, simpangan baku dan koefisien variasi |
B |
Pokok Bahasan : |
1 |
Simpangan baku, koefisien variasi dan ukuran kemencengan |
C |
Sub Pokok Bahasan |
Pengertian, rata-rata simpangan, simpangan baku, koefisien variasi, ukuran kemencengan dan keruncingan kurva |
D |
Kegiatan belajar mengajar : |
Tahap Kegiatan |
Kegiatan dosen |
Kegiatan mahasiswa |
Alat pengajaran |
Pendahuluan |
1 |
Penjelasan tentang pertemuan yang lalu |
Memperhatikan |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
2 |
Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan |
3 |
Menjelaskan TIU dan TIK |
|
Penyajian |
4 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang beberapa macam rata-rata dan cara menghitungnya |
Memperhatikan dan menanggapi tentang simpangan baku, koefisien variasi dan rata-rata simpangan |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
5 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang
cara membedakan antara berbagai macam rata-rata simpangan, simpangan
baku, koefisien variasi |
6 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menyajikan dan menganalisa data dengan berbagai macam ukuran rata-rata |
|
Penutup |
7 |
Menutup kuliah/pertemuan |
Bertanya |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
a |
Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan |
b |
Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada |
c |
Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang |
|
|
|
|
|
|
|
E |
Evaluasi: |
Menugaskan mahasiswa untuk
membuat studi kasus tentang cara mengumpulkan data, mengolah data,
menyajikan dan menganalisa data serta membuat ukuran rata-rata
simpangan, simpangan baku dan koefisien variasi |
F |
Referensi: |
A |
Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 59 – 25 |
B |
J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 61 – 73 |
|
C |
Drs. Asyari Anwar, Pengantar Statistik Bagian Pertama, 1981, BPFE UII, Yogyakarta, halaman, 54 – 70 |
|
D |
Murray R Spiegel, 1988, Statistika, Edisi ke 2, Penerbit Erlangga, Jakarta, halaman, 92 – 116 |
|
E |
Zaenal Mustafa, 1998, Pengantar Statistik Deskriptif, Edisi 3, Penerbit, Ekonisia FEUII, Yogyakarta, halaman 70 – 90 |
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah |
: |
Statistika |
Kode mata Kuliah |
: |
MGT 234 |
SKS |
: |
3 SKS (3 – 0) |
Waktu Pertemuan |
: |
3 X 50 menit |
Pertemuam ke |
: |
IX dan X |
A. |
Tujun Instruksional : |
1. |
Umum : |
|
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai macam bentuk hubungan fungsional dari dua variabel |
2 |
Khusus : |
|
Setelah pertemuan ini
mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam
bentuk hubungan antara dua variabel berdasarkan koefisien korelasi |
B |
Pokok Bahasan : |
1 |
Bentuk hubungan dengan koefisien korelasi |
C |
Sub Pokok Bahasan |
Pengertian, interpretasi dan cara menghingtung koefisien korelasi |
D |
Kegiatan belajar mengajar : |
Tahap Kegiatan |
Kegiatan dosen |
Kegiatan mahasiswa |
Alat pengajaran |
Pendahuluan |
1 |
Penjelasan tentang pertemuan yang lalu |
Memperhatikan |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
2 |
Menjelaskan materi yang di- sampaikan dalam pokok bahasan |
3 |
Menjelaskan TIU dan TIK |
|
Penyajian |
4 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang pengertian korelasi data kuantitatif dan kualitatif |
Memperhatikan dan menanggapi tentang bagaimana cara menghitung dan |
menginterpretasikan koefisien korelasiPengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis.
5. Menjelaskan kepada maha- siswa
tentang cara menghitung korelasi dengan data kuantitatif dan kualitatif,
arti korelasi dan interpretasi nya
6. Menjelaskan kepada maha-siswa tentang cara membuat simpulan berdasarkan koefisien korelasi Penutup
7. Menutup kuliah/pertemuanBertanyaPengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis.
A. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan
B. Menjawab pertanyaan maha-siswa jika ada
C. Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang
E |
Evaluasi: |
Menugaskan mahasiswa
membuat kasus tentang cara mencari dan menghitung koefisien korelasi
data kuantitatif dan kualitatif, cara menarik kesimpulan dan
menganalisis |
F |
Referensi: |
A |
Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 89 – 95 |
B |
J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 142 – 161 |
|
C |
Murray R Spiegel, 1988, Statistika, Edisi ke 2, Penerbit Erlangga, Jakarta, halaman, 326 – 359 |
|
D |
Drs. Andi Supangat, M.Si., 2007,
Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi dan Non parametrik,
Penerbit Kencana Prenada Madia Group, halaman 339 – 345 |
|
E |
Ronal E Walpole, 1992, Pengantar Statistika, Edisis ke 3, Penerbit PT Gramedia pusaka Utama, Jakarta, halaman, 369 – 373 |
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah |
: |
Statistika |
Kode mata Kuliah |
: |
MGT 234 |
SKS |
: |
3 SKS (3 – 0) |
Waktu Pertemuan |
: |
3 X 50 menit |
Pertemuam ke |
: |
XI dan XII |
A. |
Tujun Instruksional : |
1. |
Umum : |
|
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami bentuk hubungan regresi linier |
2 |
Khusus : |
|
Setelah pertemuan ini
mahasiswa diharapkan mampu menghitung dan menjelaskan dengan benar
berbagai macam bentuk hubungan regresi linier antara dua variabel |
B |
Pokok Bahasan : |
1 |
Bentuk hubungan dengan koefisien regresi linier |
C |
Sub Pokok Bahasan |
Pengertian, cara menghingtung dan interpretasi koefisien regresi linier |
D |
Kegiatan belajar mengajar : |
Tahap Kegiatan |
Kegiatan dosen |
Kegiatan mahasiswa |
Alat pengajaran |
Pendahuluan |
1 |
Penjelasan tentang pertemuan yang lalu |
Memperhatikan |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
2 |
Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan |
3 |
Menjelaskan TIU dan TIK |
|
Penyajian |
4 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang pengertian koefisien regresi linier |
Memperhatikan dan menanggapi penghi- tungan dan meng- interpretasikan koefisien regresi |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
5 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara menghitung koefisien regresi linier dan cara menginterpretasikannya |
6 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara membuat simpulan berdasarkan koefisien regresi linier yang diperoleh |
|
Penutup |
7 |
Menutup kuliah/pertemuan |
Bertanya |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
a |
Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan |
b |
Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada |
c |
Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang |
|
|
|
|
|
|
|
E |
Evaluasi: |
Menugaskan mahasiswa
membuat kasus tentang cara mencari dan menghitung koefisien regresi dan
cara menganalisa dan mengambil kesimpulan |
F |
Referensi: |
A |
Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 919 – 125 |
B |
J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 168 – 180 |
|
C |
Drs. Andi Supangat, M.Si., 2007,
Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi dan Non parametrik,
Penerbit Kencana Prenada Madia Group, halaman, 334 – 336 |
|
D |
Ronal E Walpole, 1992, Pengantar Statistika, Edisis ke 3, Penerbit PT Gramedia pusaka Utama, Jakarta, halaman, 347 – 358 |
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah |
: |
Statistika |
Kode mata Kuliah |
: |
MGT 234 |
SKS |
: |
3 SKS (3 – 0) |
Waktu Pertemuan |
: |
3 X 50 menit |
Pertemuam ke |
: |
XIII dan XIV |
A. |
Tujun Instruksional : |
1. |
Umum : |
|
Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai macam hubungan fungsional dari dua variabel |
2 |
Khusus : |
|
Setelah pertemuan ini
mahasiswa diharapkan mampu menghitung dan menjelaskan dengan benar
berbagai macam bentuk hubungan antara dua variabel atau lebih
berdasarkan koefisien regresi berganda dan koefisien parsial |
B |
Pokok Bahasan : |
1 |
Bentuk hubungan dengan koefisien regresi dan korelasi parsial |
C |
Sub Pokok Bahasan |
Pengertian, cara menghitung dan mrnginterpretasikan koefisien regresi dan korelasi parsial |
D |
Kegiatan belajar mengajar : |
Tahap Kegiatan |
Kegiatan dosen |
Kegiatan mahasiswa |
Alat pengajaran |
Pendahuluan |
1 |
Penjelasan tentang pertemuan yang lalu |
Memperhatikan |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
2 |
Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan |
3 |
Menjelaskan TIU dan TIK |
|
Penyajian |
4 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang koefisien regresi dan korelasi parsial |
Memperhatikan dan menanggapi bagaimana korelasi parsial dan bagaimana cara-cara menyimpulkan |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
5 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang
cara menghitung koefisien regresi dan korelasi parsial dan cara-cara
menginterpretasikannya |
6 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang cara membuat simpulan berdasarkan koefisien regresi dan korelasi parsial |
|
Penutup |
7 |
Menutup kuliah/pertemuan |
Bertanya |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
A |
Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan |
B |
Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada |
C |
Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang |
|
|
|
|
|
|
|
E |
Evaluasi: |
Menugaskan mahasiswa
membuat kasus tentang cara mencari dan menghitung koefisien korelasi dan
regresi data kuantitatif dan cara menarik kesimpulan dan menganalisis |
F |
Referensi: |
A |
Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 129 – 135 |
B |
J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 181 – 189 |
|
C |
Drs. Andi Supangat, M.Si., 2007,
Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi dan Non parametrik,
Penerbit Kencana Prenada Madia Group, halaman, 336 – 338 |
|
D |
Ir. M Iqbal Hasan M.M., 2002, Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif), Bumi Aksara Jakarta, halaman 249 – 267 |
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah |
: |
Statistika |
Kode mata Kuliah |
: |
MGT 234 |
SKS |
: |
3 SKS (3 – 0) |
Waktu Pertemuan |
: |
3 X 50 menit |
Pertemuam ke |
: |
XV dan XVI |
A. |
Tujun Instruksional : |
1. |
Umum : |
|
Setelah pertemuan ini
mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai macam bentuk analisis
hubungan, koefisien korelasi parsial, koefisien regresi berganda,
koefisien korelasi, koefisien determinasi, statistik parametrik dan non
parametrik serta kegunaannya dalam penelitian |
2 |
Khusus : |
|
Setelah pertemuan ini
mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dengan benar berbagai macam
bentuk hubungan antara dua variabel atau lebih serta dapat
menggunakannya dalam aplikasi ilmu ekonomi |
B |
Pokok Bahasan : |
1 |
Analisis hubungan dan
pengaruh dengan menggunakan alat analisis regresi dan korelasi berganda,
dan korelasi regresi parsial dan statistik non parametrik |
C |
Sub Pokok Bahasan |
Pengertian, arti koefisien
regresi berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien regresi
parsial, koefisien korelasi parsial, koefisien determinan dan cara-cara
mengambil simpulan yang benar |
D |
Kegiatan belajar mengajar : |
Tahap Kegiatan |
Kegiatan dosen |
Kegiatan mahasiswa |
Alat pengajaran |
Pendahuluan |
1 |
Penjelasan tentang pertemuan yang lalu |
Memperhatikan |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
2 |
Menjelaskan materi yang akan disampaikan dalam pokok bahasan |
3 |
Menjelaskan TIU dan TIK |
|
Penyajian |
4 |
Menjelaskan kepada mahasiswa tentang pengertian koefisien regresi berganda, koefisien korelasi parsial dan koefisien determinasi |
Memperhatikan, dan
menanggap bagaimana membedakan variabel independen dan dependen dalam
regresi dan korelasi berganda, serta bagaimana menggunakannya dalam
penelitian |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
5 |
Menjelaskan kepada maha-siswa tentang
menghitung koefisien regresi dan korelasi berganda, korelasi dan regresi
parsial, koefisien determinasi dan cara menginterpretasikan data
penelitian |
6 |
Menjelaskan kepada maha-siswa tentang membuat interpretasi dan membuat simpulan |
|
Penutup |
7 |
Menutup kuliah/pertemuan |
Bertanya |
Pengeras suara, Hand out, Laptop, LCD, papan tulis. |
A |
Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan |
B |
Menjawab pertanyaan mahasiswa jika ada |
C |
Menginformasikan materi kuliah dalam pertemuan yang akan datang |
|
|
|
|
|
|
|
E |
Evaluasi: |
Menugaskan mahasiswa
membuat kasus tentang cara mencari dan menghitung koefisien regresi dan
korelasi berganda, korelasi dan regresi parsial, koefisien determinan
dan bagaimana membuat simpulan hasil penelitian |
F |
Referensi: |
A |
Dajan, Anto, Metode Statistika I, LP3ES Jakarta, halaman 159 – 165 |
B |
J. Supranto, Statistika Teori dan Aplikasi, Jakarta 1994, halaman 181 – 189 |
|
C |
Ir. M Iqbal Hasan M.M., 2002, Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif), Bumi Aksara, Jakarta, halaman 249 – 267 |
|
D |
Prof. Dr. Sugiono, Statistik Nonparametrik, halaman 81 – 112 |
LAPORAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah Statistika
Oleh:
Suharto, S.E., M.M.
NIDN: 0228035801
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
KOTA METRO, LAMPUNG
2012
Sumber: Klik di gambar berikut ini:
0 komentar:
Posting Komentar